Just another WordPress site
Call Us Free: 1-800-123-4567

CS 1

Call / WhatsApp

0822-9868-1272

CS 2

Call / WhatsApp

0813-1888-6828

CS 3

Call / WhatsApp

0878-8850-0079

JAJANAN SURABAYA

JAJANAN SURABAYA

 

Surabaya merupakan kota metropolitas terbesar kedua setelah kota Jakarta. Pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penduduk yang cepat membuat kota ini mampu bertengger di posisi kedua sebagai kota metropolis. Salah satu alasan mengapa kota ini memiliki pertumbuhan yang begitu pesat adalah karena letaknya yang strategis, Surabaya terletak di titik tengah Negara Indonesia, menjadikan kota ini sebagai jembatan yang penting bagi transportasi di Indonesia. Karena bersifat sebagai jembatan di Indonesia membuat banyak perusahaan berlomba lomba untuk membangun pabrik di daerah Surabaya dan sekitarnya, hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan distribusi produk mereka ke daerah-daerah seperti kota-kota di Indonesia Timur.

Selain letak geografisnya yang strategis, penyebab pertumbuhan yang begitu pesat yang dialami oleh Surabaya disebabkan karena perilaku belanja online masyarakat Surabaya. Berdasarkan hasil riset dari Google dan sebuah lembaga riset asing menyebutkan bahwa dari 100 juta orang yang menggunakan internet, 81 juta orang berasal dari Surabaya. Hal ini memicu banyak pebisnis online memperhitungkan Surabaya sebagai kota yang berpotensi.

Salah satu bisnis online yang mulai memperhitungkan Surabaya sebagai kota yang potensial adalah Pretisa. Prestisa merupakan salah toko bunga berbasis online yang melayani pemesanan berbagai jenis bunga untuk berbagai jenis acara, seperti bunga bunga papan untuk pernikahan, bunga papan duka cita, dan bunga papan untuk acara syukuran. Selain itu juga prestisa menjual bunga buket untuk acara pernikahan dan wisuda.

Kantor kami berlokasi di Bekasi, untuk anda yang berlokasi di daerah Surabaya jangan ragu untuk memesan di Prestisa karena jaringan kerja sama yang kami jalin dengan seluruh florist di hampir seluruh daerah di Indonesia. Jadi kemanapun tujuan pesanan anda akan kami antarkan sampai tempat tujuan.

Keuntungan dari memesan bunga lewat Prestisa adalah anda tidak perlu keluar rumah untuk memesan bunga, cukup dengan smartphone saja anda sudah bisa memesan bunga dan menentukan tujuan pengirimannya. Proses pengerjaan pesanan biasanya berlangsung selama 4-5 jam, dan segera setelah pesanan diselesaikan, pesanan akan langsung kami kirimkan ke tempat tujuan yang anda inginkan.

Selain pertumbuhan ekonomi, Surabaya juga mengalami pertumbuhan penduduk. Menurut BPS tahun 2014 penduduk kota Surabaya mencapai 2,853,661 jiwa. Dengan banyaknya penduduk di kota Surabaya menyebabkan akulturasi budaya yang berdampak pada keragaman makanan yang ada di Surabaya. Berikut ini kita akan membahas kuliner-kuliner yang ada dikota Surabaya.

  1. Tahu Tek

Tahu tek adalah salah satu masakan khas kota Surabaya. Tahu tek terdiri atas tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil dengan alat gunting dan garpu untuk memegang tahu atau lontong, kentang goreng, sedikit taoge, dan irisan ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar), lalu setelah disiram dengan bumbu di atasnya, ditaburkan kerupuk udang yang bentuknya kecil dengan diameter sekitar 3 cm.

Potongan tahu dan lontong kemudian disiram dengan bumbu yang terbuat dari petis, air matang secukupnya, kacang tanah, cabai, dan bawang putih. Bumbu diulek, yaitu ditumbuk sambil diaduk dengan ulekan dalam cobek cekung besar terbuat dari batu (bentuknya seperti mangkuk besar), sampai bumbu ini harus sangat kental. Petis yang digunakan dianjurkan petis dari Sidoarjo, karena terasa lebih enak dan asli sesuai dari daerah asalnya (Surabaya berbatasan langsung dengan Sidoarjo).

Dinamakan tahu tek karena gunting yang digunakan untuk memotong bahan masakan (tahu, lontong, kentang, dan telur) dibunyikan terus seakan memotong, walaupun bahan makanan telah habis dipotong, sehingga seperti berbunyi tek..tek..tek.

Pada mulanya hidangan ini oleh penjual tahu tek dihidangkan dengan porsi terbanyak adalah tahu goreng setengah matang yang digunting kecil-kecil dan kentang, untuk perkembangan sekarang dalam menghidangkan, si penjual tahu tek memberi lontong yang digunting-gunting kecil sebagai bahan terbanyak untuk satu porsi makanan tahu tek. Tahu tek merupakan makanan yang ditawarkan keliling karena belum pernah ada warung yang menyediakan makanan tahu tek ini.

Dalam beberapa variasi yang ada di Jakarta, penjual tahu tek juga menyediakan tahu telur yang dibuat dengan menggoreng tahunya bersama adonan telur.

 

  1. Krengsengan

Krengsengan adalah masakan yang biasanya terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil (2X2 cm), yang diberi bumbu tumisan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala, (dihaluskan terlebih dahulu) ditambah dengan kecap manis pada waktu memasak, sehingga tidak banyak berkuah dan berwarna coklat tua, ada juga yang dicampur dengan bagian jeroan kambing. Masakan yang khas menggunakan daging kambing ini biasanya dijumpai bersama gulai kambing, dan tongseng yang juga menggunakan daging kambing. Masakan ini umumnya dikenal di Jawa Timur , Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

  1. Tempe Penyet

Tempe Penyet adalah makanan khas Indonesia dari daerah Jawa Timur. Makanan ini dibuat dari tempe yang direndam di air kaldu dengan bumbu garam dan ketumbar. Tempe tersebut kemudian digoreng dan setelah masak disajikan dengan sambal. Nama penyet berasal dari bahasa Jawa yang artinya “lumat”. Ini merujuk pada tempe ini yang ditindih dan dilumatkan sedikit bersama sambal sebelum dihidangkan.

  1. Lontong Balap

Lontong balap adalah makanan khas Indonesia yang merupakan ciri khas kota Surabaya. Makanan ini terdiri dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Lontong balap terdiri dari lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong ini ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari dan dipencet ini bentuk lentho asli lontong balap, berbeda dengan lentho yang dipakai sekarang), kemudian di atasnya ditumpangi kecambah setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diambilkan kuah secukupnya, sambal dan kecap disesuaikan selera pembeli. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu, beberapa tusuk sate kerang.

  1. Kupang Lontong

Lontong kupang atau kupang lontong adalah nama makanan khas daerah Jawa Timur. Makanan ini terkenal khususnya di daerah Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan. Di daerah pesisir timur Jawa Timur, lontong kupang yang terkenal adalah Kupang Keraton. Nama Keraton ini diambil dari suatu nama daerah atau suatu nama kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Sudah sejak lama penduduk daerah ini mencari dan berdagang kerang kupang. baik dijual mentah ataupun berupa kuliner ( lontong kupang ).

Masyarakat mempercayai apabila memakan lontong kupang sambil minum air degan atau dengan es batu yaitu es degan semua penyakit di dalam tubuh, manusia yang memakan itu pun menjadi sehat. Lontong kupang biasa disajikan dengan sate kerang dan minum air dengan disajikan bersama tempurung degan atau dengan gelas es degan.

Bahan utama yang digunakan adalah kupang putih (Corbula faba H), yaitu hewan laut semacam kerang bentuknya kecil sebesar antara biji beras dan biji kedelai. Kupang yang telah dikupas dan dimasak, ditambahkan lontong dan lentho, kemudian diberi kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis. Untuk menghidangkan biasanya dipadukan dengan sate kerang, serta minuman air kelapa muda atau degan.

Kupang juga memiliki sumber asam amino esensial yang baik. Kupang putih maupun kupang merah memiliki 17 asam amino, sedangkan dari 17 asam amino tersebut terkandung 10 macam asam amino esensial yang diperlukan untuk tubuh, antara lain : treonin, valin, metionin, isoleusin, leusin, fenilalanin, lisin, tripsin, histidin, dan arginin. Asam amino esensial tidak dapat dibentuk oleh tubuh manusia, tetapi harus didapat dari makanan sehari-hari.

Kandungan mikronutrien kupang yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu Fe (zat besi) dan Zn (zinc/seng). Zat besi diperlukan dalam tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah, sedangkan Zinc merupakan komponen penting beberapa enzim untuk metabolisme dalam tubuh. Kupang juga mengandung asam-asam lemak yang dibutuhkan tubuh manusia. Kupang merah mengandung 8,97 LA (asam linoleat), 2,77% EPA (eikosapentanoat), 3,65% DHA (asam dokoheksanoat). Sedangkan kupang putih mengandung 12,31% LNA (asam linoleat), 6,52% EPA, dan 6,61 DHA. Asam lemak esensial omega-3 membentuk komponen yang melancarkan transportasi oksigen dan nutrisi makro (protein, lemak, dan karbrohidrat) ke dalam sel-sel tubuh sehingga dapat membantu pembuangan produk sisa metabolisme seperti karbondioksida dari sel, sedangkan EPA sangat efektif mengurangi kerusakan otot.

Itulah daftar makanan yang terkenal dari Surabaya, jadi jika anda dalam waktu dekat ini ingin bermain ke Surabaya, pastikan untuk tidak lupa menyantap kuliner-kuliner tersebut.